Kufu dalam Pernikahan

Kufu dalam Pernikahan

KITABACA.ID - Syarat menikah bagi calon suami dan istri adalah Islam, bukan mahrom, orangnya jelas, tidak sedang ihram dan lain sebagainya. Beberapa syarat tersebut sangat penting untuk memenuhi peraturan hukum Islam.

Di samping syarat nikah tersebut, ada hal lain yang tidak termasuk syarat tapi juga berpengaruh pada pernikahan yaitu Kufu’. Kufu’ dalam bahasa Indonesia maknanya serasi. Menurut istilah fuqaha’, kufu’ adalah keserasian antara suami dengan istri dalam hal-hal tertentu. Menurut jumhur ulama’ hal-hal tersebut yaitu ; agama, nasab, kebebasan(merdeka),  dan pekerjaan. Hanafiyah dan Hanabilah menambahkan 1 lagi, yaitu kekayaan. (lihat Al Fiqh Al Islami wa Adillatuhu, juz 9 hal. 6735)

Tujuan terpenuhinya kufu’  ini adalah untuk mewujudkan keseimbangan dalam masalah kehidupan bermasyarakat demi kesempurnaan kehidupan berkeluarga dan mewujudkan kebahagiaan dalam keluarga itu sendiri. Maka dari itu, penting untuk memilih calon pasangan yang kufu’ seperti laki-laki ganteng memilih perempuan cantik, laki-laki yang agamis memilih calon istri yang juga agamis, laki-laki tinggi memilih perempuan yang tinggi sesuai nilai keserasian.

Namun demikian, kufu’ tidak perlu dibesar-besarkan karena bukan termasuk syarat. Alasannya sederhana, banyak orang yang dipandang tidak kufu’dari sisi keadaan(fisik atau materi) tapi hidupnya terlihat bahagia. Ada orang yang gagah, ganteng, kaya malah memilih istri yang secara fisik tidak sempurna dan tidak kaya. Pasangan ini enjoy dengan kehidupannya.

Akhirnya, kufu’ memang penting tapi yang lebih penting lagi adalah berpegang pada komitmen untuk mewujudkan keluarga yang sakinah dan penuh mawaddah. Masalah rahmah biarlah Allah SWT yang mengurus.

والله أعلم بالصواب

 

Diposting Oleh : Ihya Ulumuddin
Sumber Gambar : https://awsimages.detik.net.id
Sumber Tulisan : http://kitabaca.id