Kisah Nabi Daud AS dan Cacing Tanah

Kisah Nabi Daud AS dan Cacing Tanah

KITABACA.ID - Nabi Muhammad SAW pernah bersabda : "Ambillah hikmah dari manapun ia keluar". Tidak peduli siapa yang bicara, tidak peduli sejelek apapun bendanya, jika ada hikmah yang bisa diambil maka ambillah.

Al kisah, suatu ketika Nabi Daud AS duduk di tempat ibadahnya membaca kitab Zabur. Kemudian beliau heran saat ada seekkor cacing merah di tanah. Beliau bicara dalam hati : apa yang Allah kehendaki dari penciptaan cacing ini?

Cacing tanah itu kemudian, dengan izin Allah SWT, dapat berbicara : "Wahai Nabi Allah, dalam siangku Allah SWT mengilhamkan padaku untuk membaca

سبحان الله والحمد لله ولاإله إلا الله والله أكبر  setiap hari 1000x.

Dalam malamku, Allah SWT mengilhamkan padaku untuk membaca sholawat

  اللهم صل على سيدنا محمد النبي الأمي وعلى آله وصحبه وسلم setiap malam 1000x.

Dan engkau, apa yang akan kau ucapkan hingga aku bisa ambil pelajaran darimu?"

Nabi Daud AS kemudian sadar atas kekeliruannya karena menganggap remeh seekor cacing. Beliau menyesal dan merasa taku t kepada Allah SWT dan bertaubat serta bertawakkal pada Allah SWT.(lihat  مكاشفة القلوبkarya Imam Al-Ghozali, bab 1  في بيان الخوف hal. 7)

Dari sini kiranya dapat kita ambil pelajaran bahwa, sekecil dan sejelek apapun menurut kita apa yang ada di alam ini hendaklah selalu berbaik sangka bahwa Allah SWT menciptakan ala mini pasti ada maksudnya.Kita bisa mengambil hikmah darinya untuk kemudian lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW di atas.

والله أعلم بالصواب

Diposting Oleh : Ihya Ulumuddin
Sumber Gambar : http://www.elheddaf.com/
Sumber Tulisan : http://kitabaca.id