Fadhilah Menghafal 10 Ayat Surat al-Kahfi

KITABACA.ID-Sebagian umat Islam memiliki kecenderungan untuk membaca surat tertentu dari al-Qur`an. Kecenderungan ini bukan berarti mengenyampingkan surat-surat lain atau tidak membaca al-Qur`an dari awal hingga akhir. Sebagian umat Islam merasa “nyaman” dengan surat yang mereka jadikan wirid atau dibaca secara istiqomah. Di antara surat yang sering dibaca oleh sebagian umat Islam adalah surat al-Kahfi.

Majma` al-Buhuth al-Islamiyah menyebutkan bahwa Al-Qur`an adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi besar Muhammad SAW dan pada tiap surah di dalamnya memiliki makna yang agung, termasuk Surat Al-Kahfi. Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda :

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء الله له من النور ما بين قدميه وعنان السماء

 "Barangsiapa membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, Allah akan meneranginya dengan cahaya yang ada di antara kedua kakinya dan awan-awan di langit."

Majma` al-Buhuth al-Islamiyah dalam sebuah posting di halaman Facebook resminya, mengutip hadits Nabi Muhammad SAW;

من حفظ عشر آيات من أول سورة الكهف عصم من الدجال (رواه ابن حبان)

“Siapa pun yang menghafal sepuluh ayat dari awal Surat Al-Kahfi akan dilindungi dari Dajjal.”(HR. Ibn Hibban)

 Syekh Ali Jum`ah merekomendasikan untuk menghafal 10 ayat Surat Al-Kahfi karena alasan ini.

Mantan Mufti Mesir dan anggota Ulama Senior Al-Azhar ini mengatakan bahwa telah sampai pada kita dari ulama salaf yang saleh adalah mereka merekomendasikan untuk menghafal sepuluh ayat Surat Al-Kahfi, untuk alasan ini .

Syekh Ali Jum`ah di halamannya Facebook-nya, menyatakan bahwa banyak hadis yang menyebutkan fadhilah Surat Al-Kahfi, termasuk menghafal sepuluh ayat akan menyelamatkan dari fitnah Dajjal, dan membacanya pada hari Jumat melindungi manusia dari segala kejahatan sampai Jumat berikutnya, sebagaimana ia menerangi wajahnya di hari kiamat. Orang tersebut akan dibangkitkan dengan wajah yang bersinar seperti bulan purnama.

Dia mengutip pendapat  Abu Qilabah, yang mengatakan: “Siapa pun yang menghafal sepuluh ayat dari surat al-Kahfi akan dilindungi dari Fitnah Dajjal, dan siapa pun yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat akan menghafal dari Jumat hingga Jumat, dan jika dia menangkap Dajjal, itu tidak akan membahayakannya dan dia akan datang pada Hari Kebangkitan dengan wajahnya seperti bulan di malam bulan purnama.”

Surah yang diberkahi ini menyebutkan sejumlah kisah Al-Qur`an: kisah orang-orang yang tidur di gua, kisah Nabi Musa as. dan Nabi al-Khidr as, kisah pemilik dua taman, dan kisah Dzul-Qarnayn.

Salah satu kelebihan surat ini dan kisah-kisah di dalamnya adalah menyatukan sebagian besar dari empat cobaan di dunia ini. Fitnah ilmu adalah “kisah Musa dan kaum Hijau”, fitnah uang “kisah pemilik kedua kebun”, fitna kekuasaan “Dzul-Qarnayn”, dan fitna agama “kisah pemilik kedua taman”, dan godaan-godaan ini adalah salah satu godaan terbesar yang Setan coba hancurkan di antara manusia.

Diposting Oleh : Kaka
Sumber Gambar : http://kitabaca.id
Sumber Tulisan : http://kitabaca.id