Berapa Jumlah Ideal untuk Investasi?

KITABACA.ID-Tidak sedikit investor yang memiliki pikiran semua tabungan yang dimiliki sangat perlu untuk diinvestasikan. Itu tidak selalu benar. Dalam hal penentuan seberapa banyak uang yang perlu kita investasikan, kita perlu mengetahui dan juga menentukan berapa kemampuan kita untuk berinvestasi serta apa financial goals kita.

Langkah pertama adalah kita melihat jumlah uang yang kita miliki sekarang dan kemampuan kita untuk investasi. Apa benar kita memiliki uang yang bis akita pakai untuk investasi? Jika memang ada, bagus. Tapi apabila kita tidak memiliki yang yang bisa kita investasikan dan kita memaksa berinvestasi maka celakalah kita. Kalau begitu apa tujuan kita berinvestasi?

Kita perlu mengumpulkan uang untuk persiapan dalam waktu tiga bulan sampai setengah tahun di rekening yang cukup mudah kita akses. Kita tidak perlu menginvestasikan tabungan yang terkumpul tersebut. Uang yang di rekening tadi mungkin kita butuhkan di masa mendatang.

Jadi, kita mulai menentukan jumlah nominal yang harus ada dalam rekening tabungan untuk kebutuhan hidup dan menentukan jumlah nominal yang akan kita gunakan untuk berinvestasi. Ini tidak berlaku jika kita memiliki warisan yang cukup banyak. Warisan teresbut bisa jadi kita investasikan semua.

BErikutnya, kita menentukan jumlah yang mungkin bis akita tambahkan dalam investasi di masa mendatang. Apabila kita bekerja kita bisa mendapat penghasilan dan bisa menyisihkan Sebagian dari pendapatan tersebut untuk kita investasikan dari waktu ke waktu. Diperlukan konsultasi dengan pakar perencana keuangan yang kredibel dalam rangka menetapkan besaran dana dan menentukan berapa banyak yang bis akita sisihkan dari penghasilan kita untuk diinvestasikan. Perencana keuangan bisa membantu kita dan meyakinkan kita agar tidak berinvestasi melebihi kemampuan kita atau berinvesati di bawah kemampuan kita untuk mencapai tujuan investasi tersebut.

Dalam banyak jenis investasi, calon investor membutuhkan jumlah investasi awal. Semoga anda telah memikir, mempertimbankan dan menemukan investasi yang cocok bagi anda dan anda yakin bahwa investasi tersebut aman dan sehat. Apabila sudah begitu berarti anda sudah mengerti Langkah-langkah atau hal-hal yang diperlukan saat hendak berinvestasi.

Apabila anda tidak memiliki sejumlah uang yang cukup untuk memenuhi pembayara awal yang dibutuhkan saat memulai investasi maka carilah investasi lain yang menurut anda aman dan sehat. Berinvestasilah dengan uang yang anda miliki yang bukan berasal dari hutang, dan berinvestasilah dengan uang yang anda sisihkan dari pendapatan anda

About Syaiful Rijal

Check Also

dasar prinsip takaful

Dasar dan Prinsip Asuransi Takaful

KITABACA.ID-Asuransi sebagai fenomena pada dasarnya muncul dari keinginan dan tekad sekelompok masyarakat untuk membuat sebentuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *